Tindak Lanjut Hasil RDP Soal Ganti Rugi Tanaman Tumbuh di Routa, DPRD Konawe bersama Forkopimda Lakukan Kunjungan

oleh -68 Dilihat
oleh
DPRD Kabupaten Konawe bersama Forkopimda kunjungan ke Routa selesaikan persoalan ganti rugi tanaman tumbuh di desa Lalomerui, Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe.

Muarasultra.com, KONAWE – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe bersama Pemerintah setempat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Konawe melakukan kunjungan kerja di desa Lalomerui, Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (24/6/2023).

Kunjungan kerja tersebut merupakan tindak lanjut atas rapat dengar pendapat (RDP) bersama Masyarakat desa Lalomerui dan PT SCM di Routa soal ganti rugi tanaman tumbuh yang pernah disepakati.

Ketua DPRD Kabupaten Konawe Dr. Ardin, S.Sos., M.Si saat dijumpai di ruang kerjanya, mengatakan pihaknya bersama tim melakukan kunjungan ke Routa guna melihat secara langsung kondisi tanaman tumbuh milik warga di desa Lalomerui untuk kemudian menyampaikan kepada pihak PT SCM untuk pembayaran ganti rugi.

“Kunjungan beberapa hari yang lalu adalah untuk melihat secara langsung kodisi tanaman kopi milik warga dan mencari solusi terbaik untuk warga dan perusahaan,” ujar Ardin, Sabtu (24/6/2023).

DPRD Kabupaten Konawe bersama Forkopimda lakukan kunjungan di Kecamatan Routa.

Ketua DPRD 2 Periode ini selanjutnya mengatakan pihaknya bersama tim juga mengambil titik kordinat lahan tanaman kopi milik warga disaksikan oleh pihak perusahaan.

Pengambilan titik kordinat ini untuk menentukan luasan tanaman milik warga yang nantinya akan didibayarkan oleh perusahaan dalam hal ini PT SCM.

“Pemberian Kompensasi atau ganti rugi tanaman ini sesuai kesepakatan pihak perusahaan dan masyarakat namun harus by data, datanya harus jelas,” terang Politisi PAN tersebut.

Ardin mewakili anggota DPRD kabupaten Konawe dan tim berharap langkah tersebut dapat menjawab keluhan masyarakat Routa yang mengharapkan pembayaran ganti rugi tanaman tumbuh kopi milik mereka yang terdampak atas kehadiran PT SCM di Routa.

DPRD Kabupaten Konawe saat melakukan kunjungan langsung di kecamatan Routa.

Kehadiran mega Industri di wilayah kecamatan Routa merupakan berkah dari Sang Pencipta, berada jauh di ujung Barat Kabupaten Konawe, Kecamatan Routa nyaris tak tersentuh tangan pemerintah.

Setelah hadirnya PT. SCM, Kecamatan Routa kini menjadi salah satu wilayah di kabupaten Konawe dengan kontribusi pajak tertinggi. Kecamatan Routa kini juga menjadi rujukan para pencari kerja dan pebisnis ataupun pengusaha.

Maju dan berkembang itulah kondisi Kecamatan Routa saat ini, kemajuan ini tentu meruapakan dampak positif hadirnya investasi di Routa namun alam dan lingkungan asrinya tetap harus dijaga agar kelak tidak mendatangkan bencana.

Laporan : Febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.