PT GNI Diserang Sekelompok OTK, Sejumlah Alat Berat Dibakar

oleh -116 Dilihat
oleh
Kondisi PT GNI Usai Diserang OTK

KondisiMuarasultra.com, Unaaha – Sekelompok orang tidak dikenal (OTK) menyerang Perusahaan PT GNI dan mengakibatkan karyawan TKA dan lokal mengalami luka2. Dan juga beberapa kendaraan serta sejumlah bangunan milik Perusahaan dibakar dan dirusak. Sabtu (14/01/2023).

Keributan yang terjadi di Perusahaan pemurnian nikel, PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, di picu adanya sekelompok orang yang menyuarakan aksi mogok kerja.

Salah seorang Karyawan yang enggan di sebutkan namanya, menerangkan, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari, sejumlah Orang melempari Petugas Keamanan perusahaan yang tengah bertugas melakukan Penjagaan di area Kompleks Industri Pabrik Pemurnian Nikel PT GNI.

“Sekitar pukul 21.00 Wita, kejadiannya hingga menjelang tengah malam”

Petugas kepolisian setempat bersama Pihak kemananan perusahaan, langusng mengambil sikap tegas melakukan upaya penertiban.

Namun, karena jumlah Massa Yang begitu banyak, pihak keamanan kewalahan menghadapi massa yang terus bertambah.

Situasi makin memanas menjelang tengah malam, beberapa aset milik perusahaan di rusak dan di bakar oleh massa.

“Ada beberpaa kendaraan seperti, Alat Berat, Kendaraan roda empat, roda dua , dan beberapa bangunan milik perusahaan di hangus terbakar serta ada sarana lain yang di rusak,” Jelas Karyawan R.

Berdasarkan informasi yang di himpun, kejadian ini di duga bagian dari imbas aksi mogok kerja oleh sejumlah karyawan yang memprotes kebijakan perusahaan.

Dalam aksi mogok tersebut, ada sekelompok orang yang belum di ketahui identitas mereka masuk kedalam perusahaan dan memprovokasi karyawan lain yang sedang bekerja untuk pulang dan menghentikan aktifitas mereka.

“Siang sekitar pukul 10 pagi ada sekelompok orang yang belum di ketahui identitas mereka masuk kedalam area perusahaan melakukan swiping terhadap karyawan yang sedang bekerja untuk menyuruh mereka pulang dan menghentikan aktifitasnya, kata R salah seorang karwayan yang enggan di sebutkan namanya.

Mengetahui ada aksi provokasi tersebut, pihak Keamanan perusahaan menghalau kelompok tersebut, untuk menghentikan tindakan mereka.

“Waktu itu kami lagi kerja, ada sekelompok orang menggunakan roda dua, datang menyuruh kami pulang, namun dari pengawas perusahaan menghalau aksi mereka, dan sempat terjadi keributan” Ungkap Karyawan tersebut melalui sambungan telephone.

Aksi Provokasi pemogokan itu terjadi hingga menjelang petang, dan Kelompok orang tersebut melakukan penghadangan di beberapa titik pintu masuk perusahaan.

“Mereka memanfaatkan pergantian shift karyawan, jadi karyawan yang mau masuk kerja malam itu di hadang dan di suruh pulang, tidak usah masuk kerja,” jelasnya.

Mendapati hal tesebut, Keamanan perusahaan, kembali mencoba menghentikan tindakan kelompok tersebut namun mendapat perlawan hingga terjadi aksi saling lempar batu, hingga memuncak pada Minggu tengah malam.

Saat ini Petugas Kepolisian terus di siagakan, guna menjaga kenyamanan karyawan bekerja.

Manajemen perusahaan PT GNI belum bisa di mintai keterangan terkait siapa yang mendapangi aksi tersebut sementara kerugian yang di alami masih dalam proses infentarisir kerugian.

Hingga berita ini diturunkan, situasi di Area Pabrik PT GNI berangsur Kondusif.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.