KPU Konawe Berlakukan Tes CAT Dalam Seleksi Badan Ad Hoc PPS

oleh -149 Dilihat
oleh

Andang Masnur SPd MPd 

Muarasultra.com, Unaaha – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Konawe memastikan akan menggunakan computer assisted test atau tes CAT dalam proses perekrutan panitia pemungutan suara (PPS) di 348 desa dan kelurahan se Kabupaten Konawe.

Hal ini disampaikan komisioner KPU Konawe divisi Partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia (SDM) Andang Masnur SPd MPd saat dijumpai di salah satu warung kopi di Unaaha, Sabtu (31/12/22).

Dijelaskan KPU Konawe memilih tes CAT dalam seleksi peserta PPS dikarenakan pendaftar yang membludak serta pertimbangan kepercayaan publik dalam hal keterbukaan seleksi.

“Pendaftar PPS dari 348 desa dan kelurahan se Kabupaten Konawe telah mencapai angka 3000 peserta. Peserta ini berasal dari 28 kecamatan yang ada di kabupaten Konawe dan telah dinyatakan lulus berkas,” jelas Andang.

Selain itu secara teknis ketika KPU Konawe melakukan seleksi dengan metode tes tertulis dengan waktu yang relatif terbatas maka kendala penggandaan soal dan pemeriksaan jawaban peserta, tentu menjadi pertimbangan.

“Jika kami berlakukan tes tertulis dengan jumlah 3 ribu peserta, dengan soal yang kami terima dari provinsi 1 jam sebelum pelaksanaan tes, tentunya penggandaan soal akan menjadi problem belum lagi hasil tes yang harus diperiksa,” sebutnya.

Diharapkan dengan tes CAT peserta bisa lebih percaya diri dalam berkompetisi. Jadwal tes CAT direncanakan tanggal 9 – 14 Januari 2023. Adapun lokasi pelaksanaannya dibeberapa sekolah yang memiliki laboratorium komputer mumpuni di kabupaten Konawe.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.