Coffe Morning Bawaslu Konawe dan Media Diskusi Soal Pengawasan Partisipatif Jelang Pemilu 2024

oleh -67 Dilihat
oleh
Duduk dari Kiri, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Konawe Rahmat, Narasumber Haslita, Moderator Sandra Hasba.

Muarasultra.com, KONAWE – Bawaslu Kabupaten Konawe menggelar Coffe Morning bersama puluhan Jurnalis atau penggiat media Kabupaten Konawe di salah satu Cafe di Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Jum’at (26/5/2023).

Coffe morning tersebut diisi dengan kegiatan diskusi bersama eks Komisioner Bawaslu Konawe yang juga Presidium Sultrademo Dr. Haslita, tentang peran media sebagai pengawas partisipatif pada pemilu serentak tahun 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Konawe Rahmat serta jajaran staf Bawaslu Kabupaten Konawe.

Mengawali diskusi Coffe Morning bersama insan media, Haslita mengatakan Pemilu 2024 yang akan datang adalah pemilu pertama di Indonesia yang dilaksanakan secara serentak, penuh dengan tantangan dan akan berlangsung dinamis.

Hadirnya Bawaslu sebagai lembaga independen yang diberikan amanah oleh undang-undang untuk melakukan pengawasan terhadap proses demokrasi ternyata tidak mampu melakukan pengawasan dan memberikan edukasi Politik bagi masyarakat khususnya di kabupaten Konawe dengan sumber daya yang terbatas.

Oleh karena itu, Haslita membuka bahwa Bawaslu hari ini membutuhkan dukungan masyarakat untuk memberikan edukasi politik, terutama keterlibatan Media, Perguruan Tinggi dan Generasi Milenial.

“Peran media sangat dibutuhkan dalam memberikan edukasi politik di Masyarakat,” jelas Haslita.

Menurut, Haslita Kabupaten Konawe dengan luasan wilayah dan kondisi masyarakat yang heterogen tentu bukan perkara yang mudah untuk melakukan pengawasan, sehingga keterlibatan media, sebagai corong informasi yang valid sangat diperlukan.

“Proses edukasi demokrasi merupakan tanggungjawab kita semua, Bawaslu membutuhkan media, Perguruan tinggi dan masyarakat dalam mengawas pelaksanaan proses demokrasi yang berkeadilan,” tutup Haslita.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Timsel Bawaslu Kabupaten/Kota Zona 3 Drm Sahrina bersama anggota

Laporan : Febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.