Pj Bupati Konawe Bersama Sekda dan Ketua DPRD Hadiri Penyampaian LHP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Oleh BPK RI

oleh -133 Dilihat
oleh
Keterangan Gambar dari kiri ke kanan: Sekda Konawe Dr Ferdinand, SP, MH, Penjabat Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu,A.P, M.Si, Ketua DPRD Konawe Dr. H. Ardin, S.Sos, M.Si. Foto: Istimewa

Muarasultra.com, JAKARTA – Penjabat Bupati Konawe Bupati Dr H Harmin Ramba SE, MM memenuhi undangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam agenda Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun Anggaran 2023.

Acara yang dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta jajaran kabinet itu berlangsung di gedung Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Senin, 8 Juli 2024.

Adapun Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 disampaikan langsung Ketua BPK RI, Dr. Isma Yatun kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan sebuah prestasi, melainkan kewajiban.

“Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan, dan mempertanggung jawabkan APBN dan APBD secara baik,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mengimbau pemerintah pusat dan daerah untuk memperbaiki prosedur birokrasi yang rumit serta berharap reformasi struktural terus dilanjutkan agar pemerintah berjalan lebih efektif, efisien dan berorientasi pada hasil.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi meminta kepala daerah tetap menjaga inflasi di setiap daerah, dan menindaklanjuti serta menyelesaikan setiap rekomendasi BPK agar pengelolaan APBD dan APBN semakin baik.

“Di saat pertumbuhan ekonomi global melambat karena krisis ekonomi dan geopolitik, kita patut bersyukur tahun ini ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen di kuartal pertama. Oleh karena itu, kita harus fokus dan mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun yang membawa kemajuan bagi negara ini,” jelasnya.

Usai kegiatan, Harmin Ramba menyatakan akan menindaklanjuti arahan Presiden RI. Di samping itu rekomendasi BPK RI terhadap Laporan Keuangan juga menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten Konawe

“Tentu kita akan menindaklanjuti apa yang menjadi arahan dan perhatian Bapak Presiden, sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini,” kata Harmin Ramba.

Tak lupa, Pj Bupati Konawe juga menyampaikan apresiasinya dan rasa syukurnya atas laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat mendapatkan WTP, termasuk pemerintah Kabupaten Konawe.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Konawe Makmun Sahdatun, S.Sos mengatakan kegiatan hari ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Konawe.

Karena kata Kabag Humas, Sekda Konawe Dr. Ferdinand, SP, MH satu satunya Sekda di Indonesia yang masuk mengikuti kegiatan penyampaian LHKP yang dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo.

Turut hadir dalam acara tersebut
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dr. H Ardin S.Sos, M.Si, Sekertaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand, SP, MH.***

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.