Orasi Kritis Oknum Aktivitas di Abuki, Ketua Apdesi Tongauna Minta Permohonan Maaf

oleh -154 Dilihat
oleh
Foto bersama Asosiasi Kepala Desa Kecamatan Abuki, Tongauna, Tongauna Utara.

Muarasultra.com, KONAWE – Asosiasi Kepala Desa Dan Kelurahan Tongauna Raya menggelar konferensi pers terkait vidio pernyataan kritis Harwan, salah satu orator saat aksi tuntutan perbaikan jalan poros Unaaha-Abuki, yang saat aksi demontrasi beberapa hari lalu.

Ketua Asosiasi Jumar, dengan tegas meminta yang bersangkutan (Harwan) untuk melakukan klasifikasi dan permohonan maafnya terkait pernyataan menyebut untuk tidak memilih perwakilan dari kecamatan Tongauna.

“Kami beri waktu 1 X 24 Jam untuk segera dia mengklarifikasi pernyataannya itu, kalau tidak kami akan laporkan,” Kata jumar.

Ia mengatakan apa yang dia (Herwan) katakan dalam vidio itu, sudah lari dari Subtansi persoalan yang disuarakan. Persoalan jalan itu kewenangan provinsi, bukan kewenangan Pemerintah Kabupaten apalagi DPRD Kabupaten, tidak perlu menyeret nama daerah apalagi Kecamatan Tongauna.

“Kalau diperjuangkan urusan jalan ya urusan jalan, jangan urusan pesta apalagi sampai mengeluarkan bahasa jangan pilih orang Tongauna yang dia bahas, dan perlu dia pahami, kami di Tongauna Raya berkontribusi besar dalam usaha perbaikan jalan Poros Unaaha-Abuki,” tegasnya.

Jumar Mengisahkan, pada tahun 2019 awal perbaikan jalan poros Unaaha-Abuki, yang dilakukan di kelurahan Mataiwoi dirinya bersama Kepala Desa Anggohu, Desa Lalonggowuna dan walay dan didampingi ketua DPRD Konawe, H Ardin, Ginal Sambari Dan Hj Suriana ( Dapil V), Beni Setiadi Burhan ( Dapil V) melakukan pertemuan di Kantor PU Konawe dengan Ketua DPRD Provinsi dengan agenda peninjauan jalan poros Unaaha-Abuki.

Lanjutnya, seiring berjalan waktu, pengerjaan jalan kembali tertunda pada tahun 2021 sehingga dirinya bersama para Kepala Desa lain kembali menyurat ke DPRD Provinsi melalui anggota DPRD Kabupaten Dapil V Beni Setiadi Burhan, dan melakukan audensi dengan ketua DPRD Provinsi Sultra, Abudrahman Saleh.

Hasil dari pertemuan dengan ketua DPRD Provinsi, mereka kembali mendampingi Para anggota Dewan provinsi tersebut, di desa Epe’ea Kecamatan Abuki, untuk meninjau jalan poros tersebut.

“Jadi kami warga Tongauna Raya sudah membantu saudara kami di kecamatan Abuki, bahkan usai lebaran tahun ini, kami kembali ketemu pak ketua DPRD, dan sampai adanya kepastian pengerjaan jalan dari Unaaha-Abuki,” Tutupnya.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.