Dirkrimsus Polda Sultra Gagalkan Penyelundupan Ratusan Tabung Gas 3 Kg Tanpa Dokumen

oleh -55 Dilihat
oleh

Muarasultra.com, Kendari – Sub Direktorat I Indagsi, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sultra, mengamankan 1 (Satu) unit kendaraan bak terbuka, dengan nomor polisi, DT 8607 BE, yang mengangkut 141 buah tabung berisi Gas Elpiji 3 Kg bersubsidi.

Mobil tersebut diamankan, di Jln Poros Kendari–Morowali, Desa Tondowatu, Kecamatan Bondoala, Kabupaten Konawe, Jumat (17/2/2023), sekitar pukul 03.00 wita.

Plt Kasubdit I Indagsi, Ditreskrimus Polda Sultra, AKP Cucu Sutarwan, selain mengamankan mobil, juga diamankan 1 (Satu) orang, inisial PO (42 Tahun), yang merupakan sopir sekaligus pemilik 141 buah tabung gas elpiji 3 kg.

“Saat dilakukan pemeriksaan, sang sopir tidak bisa menunjukkan surat resmi terkait penjualan gas elpiji yang di subsidi,” kata AKP Cucu Sutarwan.

Cucu Sutarwan, menambahkan, tujuan dari pengangkutan tabung elpiji 3 Kg bersubsidi itu, akan di jual kembali keluar daerah Sultra, dengan harga lebih tinggi, diatas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Tabung gas elpji itu, diperoleh pelaku dari beberapa pedagang eceran, dan akan dijual di Morowali, Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Kasubdit I Indagsi, menjelaskan, untuk langkah yang telah di lakukan saat ini, mengamankan barang bukti dan pengemudi di Polda Sultra, dan melakukan permintaan keterangan terhadap Pengemudi dan akan berkoordinasi dengan saksi Ahli.

“Akibat perbuatannya, pengemudi, sekaligus pemilik ratusan gas elpji itu, di jerat Pasal 55 UU RI No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak Dan Gas Bumi sebagaimana telah di ubah dengan Pasal 40 Angka 9 Perppu RI NO. 02 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, dengan ancaman hukuman penjara 6 tahun,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.