COKLIT PEMILU 2024 Dimulai Besok, KPU Konawe : Mari Kita Sukseskan, Demi Data Pemilih Yang Akurat

oleh -117 Dilihat
oleh
Ketua KPU Kabupaten Konawe Muhammad Azwar SSos MSi

Muarasultra.com, Unaaha – Komisi Pemilihan Umum (KPU) republik Indonesia secara serentak akan memulai tahapan penyusunan daftar pemilih atau tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024, besok mulai 12 Februari – 14 Maret 2023.

Untuk kabupaten Konawe tahapan ini akan dilaksanakan di 348 desa 28 Kecamatan Se Kabupaten Konawe.

Ketua KPU kabupaten Konawe Muhammad Azwar mengungkapkan gerakan coklit serentak ini akan dilakukan oleh petugas pemutakhiran daftar pemilih atau pantarlih yang telah direkrut oleh panitia pemungutan suara (PPS) yang ada di desa dan kelurahan.

Dalam proses coklit ini petugas pemutakhiran daftar pemilih (Pantarlih) akan mendatangi satu per satu rumah warga guna mencocokkan data pemilih, mendata masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, namun belum tercatat dalam formulir A-Daftar pemilih, serta mencoret pemilih jika ditemukan tidak memenuhi syarat.

“Dengan demikian kami KPU konawe meminta masyarakat untuk bersiap dan turut ikut serta dalam kelancaran seluruh tahapan coklit ini, dengan menerima Pantarlih kami dengan baik, sebab coklit ini bertujuan untuk memastikan data pemilih lebih baik kedepannya,” ujar aswar, Sabtu (11/2/23).

Terkait dengan coklit ini Ia mengatakan masyarakat dapat membantu memberikan informasi yang benar terkait identitas kependudukan antara lain, kartu identitas diri atau e – KTP, KK atau data lainnya.

“Proses pendataan dan coklit harus sesuai dokumen kependudukan yang dimiliki oleh masyarakat dan kemudian ditunjukkan pada Pantarlih,” terang Azwar.

Ketua KPU kabupaten Konawe 2 periode ini juga menambahkan pantarlih nantinya akan menempelkan stiker di setiap rumah sebagai bukti sudah dilakukan coklit. Selain itu warga juga akan diberikan form, tanda bukti nama-nama anggota keluarga yang telah memenuhi syarat untuk didaftarkan sebagai pemilih.

Pentingnya proses ini Azwar menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Konawe untuk bersama sama mensukseskan tahapan penyusunan daftar pemilih di kabupaten Konawe benar-benar akurat.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.