Pemda Konawe Kirim Beras Premium Sebanyak 211 Ton ke Muna Barat

oleh -236 Dilihat
oleh
Pemda Konawe Kirim Beras Premium Sebanyak 211 Ton ke Muna Barat.

Muarasultra.com, Unaaha – Pemerintah daerah kabupaten Konawe bersama Bulog Konawe hari ini memulai pengiriman beras ke Kabupaten Muna Barat. Tercatat sekitar 81 ton dari 211 ton beras Premium yang akan dikirim oleh Pemda Konawe ke Kabupaten Muna Barat dalam tahap pertama pengiriman kali ini.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa melalui Sekda Konawe Ferdinand Sapan saat melepas truk pengangkut beras di halaman Pedestrian Kantor Bupati Konawe, Sabtu (8/4/23) mengungkapkan bahwa pengiriman beras ini merupakan tindak lanjut atas MoU Pemda Konawe dan Pemda Mubar untuk pemenuhan kebutuhan beras.

“Ini merupakan tindak lanjut atas MoU dengan Pemda Muna Barat saat HUT Konawe beberapa waktu yang lalu,” jelas Ferdinad.

Sekda Konawe Ferdinand Sapan.

Ferdi menyebutkan untuk pengiriman kali ini, Pemda bersama Bulog Konawe mengirimkan 81 ton di tahap pertama yang akan dikirim secara berangsur melalui pelabuhan Torobulu (Konawe Selatan).

“Tahap pertama ini kita hanya bisa mengirim 81 Ton beras dari 211 ton permintaan, hal ini karena pengaturan dari pihak penyeberangan ASDP, kita mungkin bisa mengirim satu kali namun penumpang atau kebutuhan pangan yang lain sudah tidak bisa ikut naik ke kapal, jadi pengirimannya berangsur-angsur,” terangnya.

Selain bertujuan memenuhi kebutuhan beras di daerah Muna Barat, pengiriman beras ini juga bertujuan untuk menekan inflasi atau naikannya harga barang di Sulawesi Tenggara.

Oleh karena itu Sekda Konawe menyampaikan jika ada daerah lain di Sulawesi Tenggara atau di Indonesia yang membutuhkan suplai beras, Pemda Konawe, bersama Bulog dan Petani yang ada di Kabupaten Konawe siap memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Truk pengangkut beras Premium yang akan dikirim ke Muna Barat.

“Potensi kita cukup besar, jika kemudian Kabupaten lain yang membutuhkan beras untuk kebutuhan sehari-hari kita bersedia memenuhi kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Soal kebutuhan beras di Konawe Ferdinand memastikan stock beras aman dan terjaga hingga awal Mei. Disaat itu juga beberapa kecamatan seperti Meluhu, Amonggedo dan kecamatan lainnya memulai panen.

“Sekitar 6.000 hektare yang akan panen bulan depan, jika kita rata-ratakan 1 hektare kali 6-7 ton jumlahnya lumayan juga,” imbuhnya.

Dalam kegiatan pengiriman beras itu, Hadir pula Ka Bulog Konawe Muh Abdan DJarmin, Kadis Ketahanan pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe Abdul Hasim. Kadis Pertanian Gunawan, Kadis Koperindag Muhammad Nur, Kadis PUPR Norjanah, Kadis Kominfo Akib Ras.

Laporan : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.